Obat Mata Gatal

Obat Mata Gatal

 

Obat Mata Gatal – Mata sering gatal adalah gejala yang paling umum dari adanya alergi pada mata. Mata dan kelopak mata gatal ketika tekena paparan benda – benda kecil seperti debu, tungau, kotoran, dan bulu binatang adalah beberapa contoh bahwa itu merupakan reaksi alergi. Dalam bahasa medis mata gatal seperti ini disebut dengan istilah konjungtivitis alergi.

Obat Mata GatalPada kebanyakan orang benda – benda kecil penyebab alergi tersebut bukanlah benda yang berbahaya, namun pada sebagian kecil orang yang sensitif terhadap benda tersebut akan mengalami reaksi yang tidak diinginkan ketika benda kecil tersebut menyentuh konjungtiva (selaput lendir yang melapisi bagian putih mata), dimana sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan melepaskan histamin dan senyawa alergi lainnya sehingga mata menjadi merah, berair, terasa gatal, sensitif terhadap cahaya, teras sakit, dan bengkak.

Apa Saja Penyebab Mata Gatal ?

Berdasarkan penyebabnya, mata gatal atau konjungtivitis alergi dapat dibagi menjadi jenis – jenis berikut ini.

  • Konjungtivitis papilari raksasa, merupakan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh penggunaan lensa mata kontak yang tidak bersih atau kotor.
  • Konjungtivitis dermatokontak, merupakan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh paparan dengan bahan – bahan kosmetik.
  • Konjungtivitis alergi musiman, konjungtivitis ini dipengaruhi oleh musim terutama pada saat awal musim kemarau dimana banyak serbuk sari tumbuhan dan jamur yang beterbangan di udara.
  • Konjungtivitis alergi kontiniu, Konjungtivitis ini tidak terpengaruh oleh musim,bisa terjadi kapan saja di sepanjang tahun. Mata gatal ini penyebabnya adalah debu, tungau, bulu binatang, asap rokok, polusi udara, parfum.

Obat Mata Gatal

Mata gatal, merah, sampai terasa sakit dan perih bisa menjadi masalah yang mengganggu kondisi organ tubuh yang satu ini. Tapi, jangan kucek mata yang gatal karena kebiasaan ini bisa menyebabkan iritasi pada area tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi mata gatal ? Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, salah satunya menggunakan Obat Mata Gatal berikut :

  • Air Mawar

Air mawar bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah disekitar kelopak mata dan dapat meredakan rasa gatal dan nyeri pada selaput lendir yang melapisi bagian putih mata tanpa efek samping. Gunakan air mawar untuk merambang mata (meletakan mata terbuka pada air mawar).

  • Timun

Timun? Ya, Timun! Selain bisa dimakan, Timun memang banyak memberikan khasiat pada bagian luar tubuh manusia. Salah satunya, bisa mengatasi mata gatal dan merah. Timun dapat memberikan efek dingin dan menenangkan juga pada mata. Selain itu, Timun mengandung anti-iritiasi yang berguna untuk mengurangi peradangan, bengkak serta iritasi pada mata.

  • Obat Mata

Banyak merk-merk terkenal yang dijual di warung dan supermarket terdekat. Seperti Insto, Visine, dan Rohto. Cukup teteskan di area mata yang gatal dan merah. Obat mata akan memberikan efek dingin yang dapat menyegarkan pada mata yang gatal.

  • Daun Sirih

Daun Sirih memang disebut-sebut sebagai salah satu apotik hidup yang mudah di dapat. Cukup ambil daun sirih muda segar sebanyak 5-6 helai. Lalu, rebus dengan air hingga mendidih. Setelah ramuan ini direbus, silahkan celupkan mata anda ke ramuan air daun sirih atau bilas mata dengan ramuan daun sirih.

  • Kentang

Sama seperti Timun, irisan kentang mentah juga bisa membantu mengatasi mata gatal dan merah. Tempelkan irisan kentang ke mata dan diamkan. Mata akan merasa rileks dan juga mata gatal dan merah akan segera hilang.

  • Teh Chamomile

Teh chamomile juga bisa bekerja sebagai obat praktis yang mengatasi mata gatal karena kemasukan debu. Masukkan sisa kantung teh chamomile ke dalam freezer selama 30 menit. Setelah itu, gunakan untuk mengompres mata yang terasa gatal dan sakit. Lakukan cara ini secara rutin agar bisa segera sebuh.

  • Lidah Buaya

Bahan yang satu ini dikenal menjadi obat efektif untuk mengatasi mata gatal. Lidah buaya memiliki manfaat untuk mengurangi iritasi, rasa sakit serta perih yang muncul akibat kemasukan debu. Cara menggunakannya gampang banget. Olah lidah buaya ini menjadi jus dan gunakan cairan tersebut untuk mencuci area mata. Aplikasikan dua kali sehari sampai kondisi gatalnya mulai mereda.

  • Air Dan Garam

Air dan garam ibarat perfect pair yang bisa membantu merawat kondisi mata gatal dan sakit karena kemasukan debu. Bahan yang satu ini sangat baik untuk mengatasi mata merah karena iritasi atau gatal. Tak hanya itu, garam juga memiliki kandungan antibakteri yang bisa membunuh kuman yang masuk ke dalam mata.

Gunakan kedua bahan ini sebagai obat dengan cara kombinasikan air bersih dengan satu sendok teh garam. Rebus air tersebut sampai garamnya larut lalu gunakan untuk mencuci area mata. Ulangi penggunaan obat ini agar hasilnya lebih maksimal.

  • Teh Celup

Bioflavonoid dan asam tannic yang terdapat dalam teh mampu melawan infeksi bakteri dan virus. Untuk menggunakannya sebagai obat mata gatal, Anda hanya perlu untuk meletakkannya di atas mata. 

Obat Mata Gatal

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*