Mencegah Mata Gatal

Mencegah Mata Gatal

 

Mencegah Mata Gatal – Mata sering gatal adalah gejala yang paling umum dari adanya alergi pada mata. Mata dan kelopak mata gatal ketika tekena paparan benda – benda kecil seperti debu, tungau, kotoran, dan bulu binatang adalah beberapa contoh bahwa itu merupakan reaksi alergi. Dalam bahasa medis mata gatal seperti ini disebut dengan istilah konjungtivitis alergi.

Mencegah Mata GatalPada kebanyakan orang benda – benda kecil penyebab alergi tersebut bukanlah benda yang berbahaya, namun pada sebagian kecil orang yang sensitif terhadap benda tersebut akan mengalami reaksi yang tidak diinginkan ketika benda kecil tersebut menyentuh konjungtiva (selaput lendir yang melapisi bagian putih mata), dimana sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan melepaskan histamin dan senyawa alergi lainnya sehingga mata menjadi merah, berair, terasa gatal, sensitif terhadap cahaya, teras sakit, dan bengkak.

Mencegah Mata Gatal

Mata gatal dapat di cegah dengan cara berikut ini :

  1. Menggunakan pelindung mata

Mencegah mata gatal dengan menggunakan pelindung mata. Penggunaan kaca mata dapat meminimalisir masuknya debu langsung kedalam mata. Debu dapat terbawa melalui udara, angin, asap rokok, asap pembakaran sampah dan asap kendaraan. Mencegah Mata Gatal

  1. Hindari aktifitas tangan yang tidak perlu

Ketika mata terasa gatal gunakan obat tetes mata rekomendasi dokter dan hindari mengucek dan menggosok mata. Kondisi mengucek mata hanya akan menyebabkan mata melepaskan efek histamin dan meninggalkan jejak berupa mata semakin gatal, memerah dan timbul iritasi. Mencegah Mata Merah

  1. Mengganti perlengkapan tidur

Gantilah sprei, Sarung bantal dan perlengkapan tidur lainnya seminggu sekali untuk menghindari penumpukan debu yang telah terkontiminasi dengan jamur, Virus dan bakteri. Perlengkapan tidur yang tidak diganti secara teratur terbukti sebagai penyebab mata merah sebelah kiri maupun kanan yang banyak diderita anak dan dewasa. Mencegah Mata Gatal

  1. Berinteraksi dengan hewan

Bermain dengan hewan kesayangan adalah bak bagi kesehatn psikologis karena menyebabkan efek menenagkan dan menurunkan tekanan darah. Namun hindari berinteraksi dengan hewan secara berlebihan misalnya dengan menciumnya atau membawanya tidur bersama didalam satu tempat tidur. Mencegah Mata Gatal

Cara Mengatasi Mata Gatal Secara Tradisional

  1. Daun sirih

Rebuslah lima lembar daun sirih sampai mendidih. Dinginkan airnya untuk kemudian disaring lalu gunakan untuk membasuh mata dan merendam mata yang terbuka saling bergantian dengan piring yang berbentuk ceper atau datar. Ulangi beberapa kali agar kotoran yang melekat pada selaput lendir mata penyebab mata gatal dapat mudah terangkat.

  1. Kantung teh

Jangan langsung membuang kantung teh yang sudah tidak digunakan lagi. Kantung teh dapat mengusir penyebaba mata gatal relatif lebih cepat tanpa efek samping. Hendaknya manfaatkan kantung teh untuk memgompres mata yang sedang terserang rasa gatal, Pembengkakan atau memerah. Efek dari teh kantung mampu menenangkan kelelahan pada otot mata dan meredakan rasa gatal yang sedang menyerang.

  1. Irisan mentimun

Irislah mentimun dengan ukuran sedang untuk diletakkan pada kedua mata yang terpejam. Cara ini dapat dilakukan selama 30 menit. Masing masing gantiah irisan mentimun jika terasa susdah tidak dingin lagi dikelopak mata. Irisan mentimun dapat menghilangkan penyebab mata gatal dan menyegarkan mata, Selaput ledir mata menjadi lebih jernih serta membantu mempercepat penumpukan kotoran penyebab mata gatal yang biasanya ada disudut mata bagian dalam agar nantinya mudah untuk dibersihkan.

  1. Irisan kentang

Irisan kentang yang sebelumnya telah dikupas kulitnya dan dicuci dapat diletakkan dikedua mata yang terpejam. Kentang mampu mengurangi rasa gatal dan rasa nyeri pada mata akibat iritasi. Irisan kentang terbukti klinis dapat mengatasi penyebab mata gatal pada anak anak dan dewasa relatif lebih cepat.

  1. Susu murni

Susu sapi murni yang direbus tetapi belum dicampur dengan bahan apapun sangat baik untuk mengatasi penyebab mata gatal dengan cara merendam kapas pada susu tersebut lalu lperaslah sedikit kemudian letakkan pada kedua mata dengan kondisi terpejam. Cara ini efektif dapat membersihkan mata dari segala bentuk kotoran dan menghilangkan rasa gatalnya.

Apabila anda mengalami gejala mata gatal yang diakibatkan oleh alergi, sebaiknya segeralah memeriksakan mata anda ke dokter agar dapat diketahui dengan pasti apa yang menjadi penyebabnya sehingga dapat segera diberikan pengobatan yang tepat untuk mencegah penyakit berkembang menjadi kondisi yang lebih parah.

Mencegah Mata Gatal

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*