Penyebab Mata Minus atau Miopi

Penyebab Mata Minus atau Miopi

 

Penyebab Mata Minus, Mata minus atau miopi merupakan penyakit mata yang membuat penderitanya tak bisa melihat normal. Penderita mata minus ini sulit untuk melihat jauh. Biasanya objek menjadi buram dan tidak fokus. Untuk mengantisipasinya, penderita menggunakan bantuan kacamata atau bisa mengoperasinya.

Penyebab Mata Minus atau Miopi

Penyebab Mata Minus atau Miopi

Penyebab mata minus yang utama adalah kelengkungan kornea yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut dapat diperoleh melalui orang tua atau keturunan. Namun apabila bukan keturunan, mata minus bisa diakibatkan karena aktivitas dekat terlalu lama, misalnya banyak membaca atau terlalu lama bekerja dengan komputer. Namun masih ada beberapa penyebab mata minus selain hal diatas. Apa saja penyebab mata minus ? Berikut adalah penyebab mata minus antara lain :

  1. Jarak terlalu dekat ketika membaca buku, menonton televisi, bermain videogames, main komputer, main hp ponsel, dll. Mata yang dipaksakan dapat merusak mata. Pelajari jarak aman aktivitas mata kita agar selalu terjaga kenormalannya.
  1. Terlalu lama beraktifitas pada jarak pandang yang sama seperti bekerja di depan komputer, di depan layar monitor, di depan mesin, di depan berkas, dan lain-lain. Mata butuh istirahat yang teratur dan sering agar tidak terus berkontraksi yang monoton.
  1. Tinggal di tempat yang sempit penuh sesak juga dapat menjadi penyebab mata minus, karena mata kurang berkontraksi melihat yang jauh-jauh sehingga otot mata jadi tidak normal. Atur sedemikian rupa ruang rumah kita agar kita selalu bisa melihat jarak pandang yang jauh.
  1. Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata kita seperti membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat yang gelap, membaca di bawah sinar matahari langsung yang silau, menatap sumber cahaya terang langsung, dan lain sebagainya.
  1. Terlalu lama berada di balik media transparan yang tidak cocok untuk mata. Terlalu lama mata berada di balik media transparan yang tidak cocok untuk mata dapat mengganggu kesehatan mata seperti sering kelamaan memakai helm, lama memakai kacamata yang tidak sesuai dengan mata normal kita, dan sebagainya.
  1. Kekurangan gizi yang dibutuhkan mata juga bisa memperlemah mata dan menjadi penyebab mata minus sehingga kurang mampu bekerja keras dan mudah untuk terkena rabun jika mata bekerja terlalu diporsir. Vitamin A, betakaroten, ekstrak billberry, alpukat, dan lain sebagainya bagus untuk mata.
  1. Banyak mengkonsumsi gula yang terlalu banyak. Disadari atau tidak ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula dapat berpengaruh pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita.
  1. Kurangnya mendapat sinar matahari juga dapat menjadi salah satu penyebab mata minus bertambah. Meskipun di awal saya mengatakan bahwa terkena sinar matahari itu dapat berpengaruh pada kesehatan mata, namun itu jika terlalu berlebihan, karena mata kita rentang pada sinar yang terlalu panas dan terik matahari secara langsung. Maka, untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, bisa saya sarankan untuk sambil berolahraga kecil pada pagi hari untuk jalan-jalan sekalian melihat tanaman yang hijau-hijau segar, juga mendapat sinar matahari untuk pemenuhan rangsangan cahaya alami pada mata

Itulah beberapa penyebab mata minus atau miopi. Agar mata minus Anda tidak bertambah parah ada baiknya Anda menghindari hal-hal yang dapat menjadi penyebab mata minus bertambah. Dengan cara menjaga kesehatan serta kebersihan mata kita. Selain itu dapat pula meminum suplemen untuk mata salah satunya suplemen mata S-Lutena.

Penyebab Mata Minus atau Miopi

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*