Penyebab Mata Kering

Penyebab Mata Kering

 

Mata kering dapat terjadi karena beberapa sebab, baik yang menyangkut fisik maupun lingkungan. Salah satu penyebab utamanya adalah kelenjar air mata lamban mengeluarkan air mata – hal ini biasanya berhubungan dengan usia, khususnya dialami wanita yang tengah menopause.

Penyebab Mata Kering

Penyebab Mata Kering

Kualitas air mata bisa pula menjadi penyebab mata kering. Ada tiga unsur pembentuk air mata normal, yakni air, lendir dan minyak. Tiga bahan ini bekerja bersama-sama untuk membuat mata basah, untuk membasahi seluruh permukaan kornea dan mencegah terjadinya penguapan yang menjadi penyebab mata kering. Jika salah satu dari ketiga bahan tersebut tidak ada, mata tidak akan mendapat asupan gizi dan menjadi tidak terlindungi. Mata kering paling banyak terjadi karena kandungan minyak di dalam air mata kurang dan hal ini mengakibatkan penguapan yang menjadikan mata kering.

Berkurangnya produksi air mata bisa terjadi karena pemakaian obat-obatan, seperti obat antihistamin, pil KB, obat diuretik, obat penyakit kardiovaskular, obat penghilang rasa sakit dan obat anti-radang. Kondisi ini bisa pula muncul karena gangguan penyakit tertentu, seperti diabetes, artritis reumatoid atau gangguan tiroid.

Gejala Mata Kering

Apapun penyebabnya, tanda dan gejala mata kering hampir sama. Ahli mata dapat mendiagnosis mata kering dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh, yaitu melihat air mata yang keluar, serta memeriksa kornea dan kelopak mata untuk memastikan apakah:

  • Mata merah.
  • Mata terkena iritasi.
  • Mata terasa nyeri atau panas.
  • Mata berair.
  • Penderita sulit mengenakan lensa kontak.

Ahli mata akan menilai kondisi mata untuk memastikan apakah mata memang kering sekaligus mencari tahu kondisi yang bisa menyebabkan mata kering.

Apa faktor penyebab mata kering ?

Ada berbagai alasan mengapa Anda bisa mengalami mata kering, meskipun satu penyebab pasti mungkin tidak dapat ditemukan. Beberapa kemungkinan penyebab mata kering, di antaranya:

  1. Perubahan hormon

Hormon merangsang produksi air mata. Perubahan hormon yang umum dialami oleh wanita bisa meningkatkan risiko mereka terhadap mata kering. Contohnya: selama kehamilan, menopause, atau menggunakan pil KB. Penyebab Mata Kering

  1. Proses penuaan

Mata kering lebih sering dialami oleh orang-orang lanjut usia. Hal ini mungkin diakibatkan oleh produksi air mata yang menurun seiring bertambahnya usia, dan kelopak mata menjadi kurang sensitif untuk meratakan air mata di seluruh permukaan mata.

  1. Kondisi medis

Beberapa penyakit bisa berdampak pada kemampuan kelenjar mata untuk memproduksi air mata, misalnya diabetes, arthritis rematoid, lupus, scleroderma, sindrom Sjogren, gangguan tiroid, defisiensi vitamin A, Bell’s palsy, alergi, dermatitis kontak, HIV.

Banyak orang yang mengalami mata kering juga memiliki blepharitis atau meibomian gland dysfunction (MGD). MGD adalah peradangan batas kelopak mata yang bisa menghadang kelenjar air mata untuk memproduksi minyak untuk lapisan air mata. Blepharitis bisa dialami oleh siapapun, dan umumnya diakibatkan oleh infeksi bakteri atau kondisi lain, seperti rosacea. Penyebab Mata Kering

  1. Obat-obatan

Mata kering dapat menjadi efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antihistamin, dekongestan, terapi pengganti hormon, antidepresan, obat-obatan hipertensi, obat jerawat minum, kontrasepsi oral, obat-obatan Parkinson, beta blocker, dan diuretik.

  1. Lingkungan dan aktivitas

Faktor lingkungan bukan menjadi penyebab utama, namun lebih kepada faktor yang bisa memperparah kondisi mata kering. Misalnya: debu, asap, angin, matahari, cuaca kering, tiupan angin panas, berada di tempat tinggi. Penyebab Mata Kering

Selain itu, saat Anda membaca, bekerja di depan layar komputer, menulis, atau melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual lainnya, mata cenderung akan lebih jarang berkedip. Itu artinya, lapisan air mata akan lebih cepat menguap daripada proses isi ulangnya. Penyebab Mata Kering

  1. Kosmetik

Beberapa orang yang pernah menjalani operasi mata LASIK melaporkan mengalami mata kering beberapa minggu setelah operasi. Gejala biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan, tapi dalam beberapa kasus dapat berjalan terus. Lensa kontak juga bisa mengiritasi mata dan menyebabkan mata kering. Penyebab Mata Kering

  1. Masalah pada struktur kelopak mata

Ektropi (pembalikan kelopak mata bagian dalam ke luar) dan entropi (kelopak mata luar yang masuk ke dalam) bisa menyebabkan meta menjadi kering dan teriritasi akibat lapisan air mata yang menguap dengan cepat setelah terkena kontak dengan udara luar terus menerus. Mata kering juga dapat terjadi akibat keratitis, kondisi di mana kelopak mata tidak menutup sepenuhnya saat tidur. Penyebab Mata Kering

Itulah 7 Penyebab Mata Kering. Semoga bermafaat..

Penyebab Mata Kering

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*