Penyebab Mata Gatal

Penyebab Mata Gatal

 

Penyebab Mata Gatal

Penyebab Mata Gatal

Penyebab Mata Gatal – Mata sering gatal adalah gejala yang paling umum dari adanya alergi pada mata. Mata dan kelopak mata gatal ketika tekena paparan benda – benda kecil seperti debu, tungau, kotoran, dan bulu binatang adalah beberapa contoh bahwa itu merupakan reaksi alergi. Dalam bahasa medis mata gatal seperti ini disebut dengan istilah konjungtivitis alergi.

Pada kebanyakan orang benda – benda kecil penyebab alergi tersebut bukanlah benda yang berbahaya, namun pada sebagian kecil orang yang sensitif terhadap benda tersebut akan mengalami reaksi yang tidak diinginkan ketika benda kecil tersebut menyentuh konjungtiva (selaput lendir yang melapisi bagian putih mata), dimana sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan melepaskan histamin dan senyawa alergi lainnya sehingga mata menjadi merah, berair, terasa gatal, sensitif terhadap cahaya, teras sakit, dan bengkak.

Penyebab Mata Gatal

Berikut ini adalah beberapa penyebab mata gatal yang paling umum, antara lain :

  1. Polutan udara (Konjungtivitis papilari raksasa)

Penyebab mata gatal paling sering menyerang anak dan dewasa adalah disebabkan karena adanya benda asing yang terbawa udara lalu masuk kedalam mata misalnya debu atau kotoran lain hasil dari radikal bebas.

  1. Hewan (Konjungtivitis kontiniu)

Hewan peliharaaan adalah salah satu penyebab mata gatal akibat masuknya bulu hewan, Tungau yang berasal dari tubuh hewan atau percikan air liur hewan yang tanpa sengaja masuk kedalam mata.

  1. Tanaman (Konjungtivitis musiman)

Ketika terjadi peralihan musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya maka akan banyak pertumbuhan tanaman termasuk kuncup menjadi bunga dan bunga menjadi bakal buah. Penyebab mata gatal bisa disebabkan karena adanya pertumbuhan putik bunga pada tanaman dimana serbuk bunganya bisa terabwa angin lalu serbuknya masuk kedalam mata.

  1. Paparan bahan kimia tertentu (konjungtivitis dermatakontak)

Berhati hatilah ketika menggunakan kosmetik wajah dan mata. Penyebab mata gatal salah satunya yang terbanyak dialami oleh para wanita adalah disebabkan masuknya bahan kimia dari penggunaan kosmetika mata misalnya maskara, Pinsil alis, Serbuk bedak, Parfum.

  1. Infeksi jamur, virus dan bakteri

Tahukah anda bahwa penyebab mata gatal dapat disebabkan karena penggunaan sprei, Sarung bantal dan guling yang kotor dimana dipermukaannya telah dijangkiti jamur, virus dan bakteri dari orang lain atau hewan peliharaan yang pernah menyinggahi tempat tidur. Jenis bakteri yang paling banyak menyerang mata adalah jenis bakteri staphylococcus dan bakteri preumuccocus yang menyebabkan mata sangat gatal, memerah, Berair, Nyeri, Belekan dan sulit dibuka ketika bangun tidur akibat mata lengket.

  1. Penggunaan lensa kontak

Berhati hatilah ketika ingin menggunakan lensa kontak mata anda. Pemakaian lensa kontak adalah salah satu penyebab mata gatal yang sering menyerang orang orang dewasa. Lensa kontak sangat mudah dihinggapi oleh berbagai macam bakteri. Pastikan kondisi tangan anda steril sebelum menggunakan lensa mata untuk aktivitas sehari hari. Lensa mata harus disimpan pada tempat yang bersih dan jauh dari jangkauan debu. Lensa kontak mata yang telah terkontiminasi bakteri mudah menyebabkan mata menjadi gatal gatal dan muncul iritasi.

Cara Mengatasi Mata Gatal

Alergi konjungtivitis pada dasarnya bukan merupakan kondisi serius. Namun, jika tidak ditangani, dapat mengurangi kualitas hidup serta menyebabkan stres dan perasaan marah, ditambah apabila terjadi komplikasi. Berikut beberapa cara mengatasi mata gatal :

  • Gunakan tetes mata 4-6 kali dalam sehari untuk meredakan mata gatal. Tetes mata yang mengandung antihistamin dapat membantu meredakan gejala mata gatal dan berair. Pemakaian tetes mata antihistamin sering dikombinasikan dengan jenis tetes mata lain, seperti dekongestan untuk mengecilkan pembuluh darah pada mata yang mengalami peradangan. Sementara itu, tetes mata steroid digunakan pada kasus alergi mata yang berkepanjangan.
  • Jika tetes mata mengandung antihistamin, jangan melebihi 3 hari dalam memakainya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan tetes mata sesuai anjuran dokter. Selain itu jika Anda memiliki glaukoma, jangan menggunakan tetes mata yang mengandung dekongestan. Jika terjadi keluhan akibat penggunaan tetes mata, segera periksakan ke dokter.
  • Konsumsi obat untuk mengurangi gejala alergi mata. Obat-obatan tersebut mencakup pil antihistamin seperti loratadin dan cetirizine.
  • Hindari pemicu alergi dengan membatasi paparan debu. Gunakan kaca mata ketika bepergian untuk mencegah benda-benda kecil masuk ke mata.
  • Jangan mengucek mata walaupun sangat gatal.
  • Kompres dengan air dingin untuk mengurangi rasa gatal pada mata.
  • Jika terbentuk kerak pada mata, kompres dengan air hangat atau cuci dengan menggunakan shampo bayi.
  • Jagalah kebersihan. Gunakan sarung bantal yang bersih. Cucilah perlengkapan tidur seperti seprai, selimut, sarung bantal, secara teratur. Selain itu, jika kasur yang Anda pakai sudah lebih dari beberapa tahun, gantilah dengan yang baru. Bersihkan lantai, kamar mandi, dan dapur secara teratur menggunakan cairan pembersih.

Bila Anda mengalami mata gatal akibat alergi, periksakanlah ke dokter untuk mendapat pengobatan yang sesuai serta mencegah kondisi yang lebih parah.

Penyebab Mata Gatal

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*