Obat Sakit Mata Bengkak

Obat Sakit Mata Bengkak

 

Obat Sakit Mata Bengkak – Mata merupakan salah satu panca indra kita yang biasa digunakan untuk melihat. Panca indera ini sangat penting untuk penunjang aktivitas kita sehari – hari. Dengan adanya gangguan atau penyakit pada mata kita akan mempengaruhi kegiatan atau aktivitas kita sehari – hari. Banyak cara untuk menjaga mata kita dari penyakit. Dari mengkomsumsi Vitamin A sampai dengan memberikan sumplemen khusus pada mata. Mata kita juga tidak bisa dihindarkan dari beberapa penyakit. Dari mata Merah atau yang paling mengganggu adalah mata Bengkak.

Obat Sakit Mata Bengkak

Obat Sakit Mata Bengkak

Mata bengkak yang disebut juga dengan periorbital ini sering terjadi di kelopak mata. Alergi juga sering menjadi penyebab dari kondisi ini. Selain mata bengkak, alergi juga biasanya disertai gejala mata merah dan gatal.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai mata bengkak, berikut ini adalah beberapa jenis penyebab mata bengkak.

Penyebab dan Obat Sakit Mata Bengkak

Pengobatan pada mata bengkak harus disesuaikan dengan penyebab yang menyertainya agar proses penyembuhan berjalan dengan cepat.

  1. Karena debu

Debu yang masuk didalam mata dapat menyebabkan gesekan dan iritasi pada bola mata atau seputar kelopak bagian dalam. Jika debu terkontiminasi dengan radikal bebas lain termasuk asap kendaraan yang mengandung timbal atau asap rook yang memiliki intensitas nikotin tinggi maka pembengkakan pada mata akan mudah terjadi.

Solusinya:

Rebuslah daun sirih lalu dinginkan kemudian saringlah airnya kemudian rambanglah atau rendam beberapa kali dengan mata terbuka diair mujarab tersebut. Manfaat air sirih dapat membubuh bakteri dan mengeluarkan kotoran yang ada pada mata serta mampu mengempiskan pembengkakan.

  1. Benturan/cedera

Mata yang mendapat cedera atau trauma akibat benturan terhadap benda keras dapat mengakibatkan luka lebam dibagian dalam yang memicu munculnya pembengkakan yang sangat nyeri ketika mata ingin dikedipkan atau melirik kanan dan kiri.

Solusinya:

Menggunakan obat mata berbentuk krim atau salep yang mengandung kafein dan anti peradangan yang dapat mengurangi rasa nyeri dan mengempiskan pembengkakan.

  1. Alergi kosmetik

Pemakaian kosmetik mata yang mengandung bahan bahan kimia tertentu misalnya maskara dan eyeliner, dapat menyebabkan seseorang terkena alergi berupa mata gatal gatal, Berair dan bengkakn pada kelopak mata tetapi tidak menimbulkan rasa nyeri.

Solusinya:

Menggunakan obat golongan antihistamin yaitu diphenhydramine misalnya benadryl yang sebelumnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Obat sakit mata bengkak golongan antihistamin dapat mengurangi pembengkakn dengan cepat dan menghilangkan gatl gatal diseputar mata.

  1. Penyakit graves

Graves merupakan penyakit autoimun yaitu tiroid yang aktif atau hipertiroidisme yang disebabakan sel sel imunitas merusak jaringan kelenjar tiroid dan meningkatkan jumlah hormon tiroid menjadi terlalu banyak yang akhirnya memicu munculnya pembengkakn (pembesaran) dan iritasi pada kelenjar tiroid yang mempengaruhi kesehatan mata. Sekitar kelopak mata atas dan bawah akan timbul pembengkakan yang nyeri jika disentuh dengan jari.

Solusinya:

Pemakaian obat sakit mata bengkak jenis imusupresif untuk meningkartakan imunitas tubuh yang disertai dengan penggunaan obart jenis steroid intraven agar infeksi tiroid yang menjalar pada jaringan kelopak mata dapat disembuhkan. Gunakan obat ini sesuai dengan resep dan anjuran dokter mata.

  1. Radang pada konjunctiva

Radang konjungtivis menyebabkan seputar selaput mata, Kelopak mata bagian dalam mengalami peradangan dan pembengkakan yang semakin hari semakin melebar. radng tersebut disebabkan karena serangan virus dan bakteri hasil akumulasi udara kotor atau radikal bebas diudara bebas.

Solusinya :

menggunakan obat sakit mata bengkak jenis tetes mata antibiotik dapat mengatasi masalah mata bengkak akibat konjunctiva dan bisa digunakan atas resep dan anjuran dokter yang terkait.

  1. Bakteri Staphyloccus Blepharitis

Radang blepharitis adalah radang kelopak mata yang disebabkan produksi minyak pada jaringan kelenjar kelopak mata mengalami ketidaknormalan , yang jika dilihat dari luar didaerah peradanganya akan nampak ada seperti serpihan keputihan seperti ketombe atau sisik sisik kulit yang mati yang biasanya terlihat seperti melekat pada bulu bulu mata. Kondisi ini dapat menyebabkan mata menjadi bengkak karena peradangan yang terjadi menyerang kulit kelopak mata bagian dalam.

Solusinya:

Menggunakan obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid dan rajin memgompres kelopak mata dengan air hangat agar iritasi yang telah terjadi bisa diminimalkan dan pembengkakan mudah untuk disembuhkan.

Itulah 6 Obat Sakit Mata Bengkak berdasarkan penyebabnya. Untuk mengobati mata bengkak, harus diketahui dulu apa penyebabnya. Makin cepat menemukan faktor penyebab, maka makin mudah menentukan jenis pengobatannya. Agar hal ini bisa berjalan dengan baik, disarankan agar pengobatan yang dilakukan melibatkan dokter.

Obat Sakit Mata Bengkak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*