Obat Mata Merah dan Bengkak

Obat Mata Merah dan Bengkak

 

Obat Mata Merah dan Bengkak – Mata merah dan bengkak adalah gangguan yang terjadi pada mata yang di sebabkan karena infeksi atau alergi, juga bisa di sebabkan karena mata kekurangan cairan serta bisa juga karena kekurangan vitami A yang dapat menyebabkan mata merah/bengkak yang terasa sakit. Penyakit mata merah/bengkak dapat menyerang pada semua usia bahkan bayi juga dapat terkena penyakit ini. Penyakit mata merah/bengkak termasuk penyakit biasa dan boleh dikatakan sebagai penyakit yang tidak mematikan, namun penyakit tersebut hendaknya harus segera di obati karena dapat menyebabkan pembengkakan yang makin parah.

Obat Mata Merah dan Bengkak

Obat Mata Merah dan Bengkak

Sakit mata merah atau bengkak biasanya akan di ikuti dengan keluarnya belek yang banyak dan tidak seperti biasanya yang terjadi pada mata normal. Untuk mengobati mata merah atau bengkak bisa dengan banyak cara untuk dapat menyembuhkannya, namun sebelum anda melakukan pengobatan pada penyakit mata tersebut hendaknya sudah mengetahui jenis penyakit mata yang sedang di derita, karena penyakit mata mempunyai jenis yang berbeda-beda dan cara pengobatannya juga tidak sama.

Penyakit mata termasuk jenis penyakit menular, jika anda mengalami penyakit mata merah dan bengkak tersebut hindari kontak langsung dengan orang lain karena dapat menularkan penyakit itu kepada orang lain bahkan anak kecil dan bayi dapat tertular oleh penyakit ini. Namun pada dasarnya tidak semua penyakit mata itu menular, penyakit mata yang dapat menular adalah penyakit mata yang di sebabkan oleh virus. jika penyakit mata tersebut disebabkan karena alergi atau iritasi yang menyebabkan sakit pada mata termasuk penyakit mata yang tidak menular. untuk memahami lebih jelasnya bisa anda simak seperti dibawah ini:

Penyebab Mata Merah dan Bengkak

Lebih lanjut berikut ini kondisi-kondisi yang dapat menjadi penyebab mata bengkak beserta gejala yang menyertainya:

  • Alergi. Pembengkakan kelopak mata akibat alergi biasanya disertai dengan rasa gatal dan berair. Hal ini dapat disebabkan oleh serbuk sari, debu, bulu hewan peliharaan, tetes mata tertentu dan cairan lensa kontak. Alergi akan mengenai hanya bagi mereka yang sensitif.
  • Konjunctivitis. Atau ebih sering dikenal dengan istilah sakit mata, merupakan peradangan pada konjunctiva – selaput bening yang meliputi bola mata dan kelopak mata bagian dalam -. Disebabkan oleh infeksi virus, bekteri, dan alergi. Selain dapat menyebabkan mata bengkak, ditandai juga dengan mata merah, berair, dan terkadang gatal.
  • Memakai Lensa kontak. Bagi pengguna lensa kontak yang tidak memperhatikan aspek kebersihan atau penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan mata bengkak – seperti memakai lensa kotor, berenang tanpa melepas lensa kontak atau menyimpan kontak dalam wadah yang kotor – Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan iritasi pada mata.
  • Cedera mata. Setiap trauma atau cedera pada daerah mata, dapat menyebakan memar dan pembengkakan pada kelopak mata.
  • Bintitan. Bahasa medisnya hordeolum, bintitan terlihat jelas adanya penonjolan pada kelopak mata baik atas maupun bawah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bintitan terasa nyeri dan terkadang menimbulkan bengkak yang meluas pada kelopak mata.
  • Blepharitis. Merupakan peradangan pada kelopak mata, ditandai dengan kelopak mata bengkak dan terasa sakit terkadang terlihat juga serpihan ketombe di dekat bulu kelopak mata.

Obat Mata Merah dan Bengkak

  • Alergi. Untuk mengatasi mata bengkak karena lergi maka harus menghindari penyebabnya, kompres dingin dapat membantu meringankan gatal pada kelopak mata dan pembengkakan. Obat bebas golongan antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) juga dapat mengurangi kelopak mata bengkak karena alergi.
  • Konjunctivitis. Jika sakit mata disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter mungkin akan meresepkan obat tetes mata atau salep antibiotik sebagai pengobatannya, jika antibiotik tepat maka dalam beberapa hari sakit mata akan sembuh. Ikuti petunjuk dokter dan gunakanlah antibiotik dalam jangka waktu sesuai dengan yang diresepkan, hal ini penting untuk mencegah terulangnya infeksi.
  • Memakai Lensa Kontak. Untuk mengatasi mata merah dan bengkak karena pemakaian lensa kontak mata sebaiknya selalu menjaga kerbersihan mata agar tidak menyebabkan infeksi dan iritasi mata.
  • Cedera Mata. Untuk mengurangi bengkak pada kelopak mata akibat benturan atau trauma lakukan kompres dingin dengan dilapisi dengan kain bersih. Kompres dengan lembut selama 10 menit (jangan lama-lama). Lakukan 4 kali sehari. Tidur dengan posisi kepala ditinggikan.
  • Bintitan dan blefaritis. Cara sederhana yang dilakukan di rumah untuk mengobati mata bengkak karena bintitan dan blefaritis antara lain dengan menerapkan kompres hangat selama 10 menit sehari 4 kali, dan selalu menjaga kebersihan mata.

Itulah Obat Mata Merah dan Bengkak berdasarkan penyebabnya. Untuk mengobati mata merah dan bengkak, harus diketahui dulu apa penyebabnya. Makin cepat menemukan faktor penyebab, maka makin mudah menentukan jenis pengobatannya. Agar hal ini bisa berjalan dengan baik, disarankan agar pengobatan yang dilakukan melibatkan dokter.

Obat Mata Merah dan Bengkak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*