Obat Mata Kabur

Obat Mata Kabur

 

Obat Mata Kabur – Mata kabur adalah hilangnya ketajaman penglihatan dan ketidakmampuan untuk melihat suatu benda secara mendetail. Mata kabur merupakan keluhan visual yang paling umum terjadi. Namun, Anda juga harus berhati-hati jika mengalami keluhan mata kabur, mungkin hal tersebut menandakan penyakit lain yang lebih serius.

Kondisi mata kabur biasanya memengaruhi satu atau kedua mata tergantung penyebabnya. Dalam beberapa kasus, penglihatan kabur dapat disertai dengan gejala lain pada salah satu atau kedua mata. Gejalanya meliputi kepekaan terhadap cahaya (photophobia), muncul bintik-bintik saat melihat objek (floaters), nyeri pada mata,  kotoran mata yang berlebihan, mata kering, mata gatal, penglihatan memburuk di malam hari, meningkatnya produksi air mata, atau perdarahan di mata. Pandangan kabur juga bisa menjadi gejala berbagai kondisi yang secara tidak langsung melibatkan mata, seperti migran atau stroke.

Berbagai Penyebab Mata Kabur

Penyebab mata kabur yang paling umum adalah kelainan refraksi mata, seperti rabun dekat, rabun jauh, presbiopi, dan astigmatisme. Mata kering menjadi salah satu faktor lain yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Hal ini dikarenakan, mata tidak mampu memproduksi air mata seperti seharusnya, sehingga tidak dapat menjaga dan melumasi permukaan mata. Apabila kondisi ini tidak segera diobati, akan menyebabkan pandangan menjadi kabur. Mata kabur bisa juga disebabkan oleh kondisi seperti mata merah dan iritasi mata.

Simak beberapa penyebab mata kabur di bawah ini:

  • Gangguan mata refraktif

Kondisi di mana seseorang membutuhkan bantuan kacamata agar bisa melihat jarak jauh atau pun dekat. Kondisi ini dapat terjadi karena perubahan bentuk bola mata, bentuk kornea, atau terdapat gangguan lensa mata.

  • Katarak

Katarak adalah kondisi yang membuat bagian lensa mata menjadi buram dan menghalangi cahaya mencapai retina, sehingga mengakibatkan penglihatan mata menjadi kabur.

Obat Mata Kabur

  • Degenerasi makula

Merupakan kondisi yang terjadi pada mata seiring bertambahnya usia, yang menyebabkan kehilangan penglihatan di lapang pandang bagian tengah akibat rusaknya makula, yaitu daerah di sekitar retina mata yang berfungsi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan.

  • Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh tekanan berlebih pada bola mata, yang mengakibatkan saraf mata menjadi rusak secara permanen.

  • Infeksi mata

Biasanya infeksi mata terjadi akibat virus, bakteri, atau jamur yang masuk ke dalam mata. Infeksi ini dapat terjadi karena cedera mata atau tertular dari orang lain. Contoh penyakit infeksi mata yang paling umum adalah konjungtivitis. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Meski biasanya tidak serius, namun konjungtivitis mudah menular dan terkadang dapat menyebabkan pandangan mata menjadi kabur.

  • Penggunaan lensa kontak

Lensa kontak yang kotor dan rusak dapat membuat penglihatan menjadi terganggu. Pemakaian dan perawatan lensa kontak yang tidak benar dapat menyebabkan luka dan infeksi pada kornea mata (keratitis).

  • Penderita diabetes

Jika Anda mengalami diabetes tipe 1 atau tipe 2, Anda berisiko terkena retinopati diabetik. Pada kondisi ini, terjadi kerusakan pada pembuluh darah dan saraf di retina mata, sehingga pandangan mata menjadi kabur.

  • Tekanan darah tinggi

Memiliki tekanan darah tinggi tidak hanya menyebabkan stroke, namun juga mengakibatkan stroke mini pada mata yang disebut oklusi vena. Orang yang mengalami oklusi vena biasanya mengalami pandangan mata kabur dan hanya menyerang satu mata saja.

Selain berbagai kondisi di atas, mata kabur juga dapat disebabkan oleh faktor lain, misalnya obat-obatan atau suplemen, baik yang diresepkan atau pun yang dijual bebas. Beberapa obat-obatan yang mungkin dapat membuat penglihatan Anda menjadi kabur, di antaranya:

  • Obat antikolinergik tertentu
  • Beberapa jenis obat antihipertensi
  • Pil KB
  • Kortikosteroid
  • Obat antidepresan
  • Obat untuk penyakit jantung

Obat Mata Kabur

Untuk mata kabur atau buram anda harus lebih memberikan perhatian lebih, jika didiamkan saja tanpa diobati takutnya akan semakin berbahaya. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai obat mata kabur, 100 % alami dan aman tanpa efek samping yang buruk :

  1. Berry

Buah berry merupakan salah satu jenis buah yang bisa digunakan untuk obat herbal mata kabur dekat. Buah berry mempunyai kandungan anthocyanin dan antioksidan. Antioksidan memiliki fungsi untuk meningkatkan pengelihatan pada malam hari, sedangkan anthocyanin memiliki fungsi yang meredakan fungsi penuaan, saraf, infeksi dan juga bahkan kanker. Berry yang bisa digunakan adalah blue berry atau black berry bahkan berry yang lainnya.

Caranya: ambil berry beberapa, kemudian cuci bersih dan belender dengan sedikit air. Minum berry setiap hari 2 – 3 kali. Jika anda ingin lebih nikmat, tambahkan sedikit gula pasir. Jika anda suka susu, anda juga bisa menambahkannya. Buat minuman jus berry senikmat mungkin.

  1. Alpukat

Buah alpukat, terkenal sangat enak untuk dijadikan jus dan campuran makanan yang lainnya. Buah alpukat juga bisa digunakan sebagai obat mata kabur. Alpukat memberikan fungsi vitamin A, B1, dan C. Buah ini sanggup mengatasi mata kering dan cacat saraf optic.

Caranya: Ambil apukat, dan ambil dagingnya saja. Kemudian belender dan tambahkan sedikit gula pasir. Jangan beri terlalu banyak air untuk hasil yang lebih nikmat. Konsumsi buah alpukat 2 – 3 kali dalam sehari.

  1. Daun Sirih

Nama Lokal : Ganceng Famili : Pipericaceae Nama Latin : Piper sp. Khasiat dan cara meramu / pemakaian: Obat Mata Kabur Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat mata adalah daun. Caranya: diambil daun muda dan segar 3 – 5 lembar, dicuci kemudian direbus. Setelah mendidih didinginkan dan dimasukkan kedalam wadah (baskom). Masukkan (muka/mata) ditenggelamkan dan mata dikedip-kedipkan.

  1. Rumput Mutiara

Rumput mutiara bisa digunakan untuk menghilangkan sumbatan – sumbatan dalam pembuluh darah halus yang dapat menghambat aliran darah. Dengan mengonsumsi rumput mutiara, aliran darah menjadi lancar. Ramuan rumput mutiara untuk men yembuhkan pembuluh darah pada mata dibuat dengan cara merebus 30 gram daun rumput mutiara dalam empat gelas air hingga tersisa dua gelas. Air rebusaannya diminum 2 – 3 kali sehari, masing – masing dua gelas. Obat Mata Kabur

  1. Daun Sendok atau Kiurat

Daun sendok atau Plabtago major berkhasiat untuk mengobati gangguan pada mata. Selain itu, daun sendok juga berkhasiat untuk memperkuat wilayah hati dan meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, daun sendok juga bisa meningkatkan gairah seksual. Daun sendok atau kiurat mengandung vitamin A, B, C, kalium dan kalsium.

Ramuan dari daun sendok untuk menyembuhkan berbagai gangguan pada mata dibuat dengan cara merebus setengah genggam daun sendok dalam tiga gelas air hiongga tersisa dua seperempat gelas. Air rebusannya disaring, lalu diminum tiga kali sehari, masing – masing tiga seperempat gelas. Sebelum diminum, sebaiknya ramuan dicampur dengan madu. Obat Mata Kabur

  1. Kitolod

Kitolod merupakan tanaman berukuran kecil yang mengandung alkaloid, polifenol, flavonoid dan juga saponin. Meskipun bagian getah tanaman ini mengandung racun namun bagian tanaman lainnya sangat baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga gangguan mata seperti mata kabur, katarak, terapi mata minus, mata plus dan sebagainya.

  1. Kembang Telang

Kembang telang juga bisa digunakan untuk mengobati radang mata yang menjadi penyebab mata merah dan juga mata kabur. Selain itu, tanaman ini juga baik digunakan untuk penyakit lainnya seperti sakit telinga, bisul, demam dan sebagainya. Cara menggunakan tanaman ini untuk obat mata kabur adalah dengan merendam bunga telang yang berwarna biru dan pakai air rendaman tersebut untuk mencuci mata.

Demikian ulasan dari kami mengenai obat mata kabur secara alami yang sangat ampuh dalam menyembuhkan masalah mata ini dan menjaga kesehatan organ mata secara menyeluruh. Perbanyak juga mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata seperti sayur, buah dan makanan yang mengandung vitamin E untuk mempercepat proses penyembuhan.

Obat Mata Kabur

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*