Obat Mata Bengkak Pada Anak

Obat Mata Bengkak Pada Anak

 

Obat Mata Bengkak Pada Anak – Mata bengkak juga bisa menimpa seorang anak. Penyebab mata bengkak pada anak hampir sama dengan yang dialami orang dewasa. Bisa karena trauma, infeksi, atau masalah kesehatan lainnya.

Obat Mata Bengkak Pada Anak

Obat Mata Bengkak Pada Anak

Berikut penyebab mata bengkak pada anak antara lain :

  1. Infeksi

Bakteri dan virus merupakan penyebab paling umum mata bengkak pada anak. Konjungtivitas merupakan infeksi umum yang terjadi pada mata di bagian yang warna putih, dan dapat menyebabkan pembengkakkan di kelopak mata.

Biasanya dimulai dengan mata yang agak kemerahan atau kekuningan. Mata anak mungkin gatal atau terbakar, kemudian menghasilkan air mata tambahan. Konjungtivitas mudah sekali menyebar di tubuh anak karena teknik mencuci tangan yang buruk.

  1. Selulitis

Selulitis adalah infeksi umum pada kulit dan jaringan lunak di bawah kulit. Ini terjadi ketika bakteri menyerang kulit yang rusak atau normal dan mulai menyebar di bawah kulit serta ke dalam jaringan lunak. Akibatnya bisa terjadi infeksi dan peradangan.

Periorbital dan orbital selulitis juga dapat menyebabkan mata bengkak. Selulitis periorbital adalah infeksi bakteri yang biasanya didahului oleh infeksi sinus pada anak. Bakteri menginfeksi kulit di sekitar mata, termasuk kelopak mata. Kondisi terus memburuk dan berkembang serius menjadi selulitis orbital jika infeksi terjadi di belakang mata sehingga terjadilah abses.

Selulitis periorbital membutuhkan antibiotik, tetapi selulitis orbital perlu antibiotik intravena jangka panjang atau intervensi bedah. Konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat.

  1. Trauma

Trauma langsung yang terjadi di mata juga dapat menyebabkan mata bengkak. Trauma yang terjadi pada mata di kalangan anak-anak biasanya disebabkan pensil atau benda tajam lainnya. Belum lagi serangga dan kutu.

  1. Alergi

Anak-anak rentan mengalami mata berair, mata gatal, dan bisa juga memiliki reaksi yang berbeda akibat alergi terhadap obat-obatan atau produk makanan tertentu. Sering menggosok bagian mata untuk mengurangi rasa gatal dapat menyebabkan mata bengkak.

Obat Mata Bengkak Pada Anak

Lingkungan yang kurang higienis maupun debu dapat menjadi penyebab mata bengkak pada anak. Karena itu dengan cara mengatasi mata bengkak pada anak secepatnya, penyakit yang terjadi diharapkan tidak bertambah parah. Justru dengan penanganan sejak dini, maka mata yang bengkak akan cepat kempes dan sembuh seperti sedia kala. Berikut ini Obat Mata Bengkak Pada Anak :

  1. Kompres Es Batu

Cara yang paling sering dilakukan yaitu dengan kompres mata anak yang bengkak menggunakan es batu. Biasanya ini akan meredakan nyeri maupun bengkak. Beberapa jenis-jenis infeksi mata pada anak yang membuat mata bengkak dapat disembuhkan dengan cara ini.

  1. Kompres Air Hangat

Cara selanjutnya yaitu dengan kompres air hangat. Jika air dingin meredakan bengkak dan nyeri, maka air hangat akan melancarkan peredaran darah di sekitar daerah yang membengkak. Sehingga bengkak dapat mereda dan anak dapat melihat dengan normal kembali. Untuk mempercepat pemulihan berikan juga jenis makanan untuk kesehatan mata anak.

  1. Bawang Putih

Cara mengatasi mata bengkak pada anak selanjutnya yaitu dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih terkenal memiliki sifat yang berfungsi sebagai anti biotik. Oleh sebab itu dengan menempelkan bawang putih pada mata yang bengkak, maka dapat menjadi salah satu cara mengatasi sakit mata pada anak dengan jalan  meredakan peradangan dan mengempeskan bengkak.

  1. Daun Sirih

Obat mata bengkak pada anak alami lainnya yaitu dengan daun sirih. Tumbuk beberapa lembar daun sirih dan tempel pada area yang bengkak. Anti radang pada daun dapat menyembuhkan pembengkakan dan warna merah di sekitar kelopak mata. Usahakan untuk mengetahui penyebab sakit mata pada anak supaya pengobatan yang dilakukan tepat dan sesuai.

  1. Jaga Kebersihan

Cara paling aman dengan mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan. Oleh sebab itu manfaat mengajarkan anak cuci tangan yang diterapkan sejak kecil dapat berguna menghindari berbagai jenis penyakit. Karena itu pastikan tangan anak selalu higienis saat mengucek mata supaya tidak terjadi iritasi.

  1. Mentimun

Obat mata bengkak pada anak ini memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, sehingga mentimun ini dapat dipakai untuk meredakan mata bengkak. Caranya dengan menempel irisan mentimun di kelopak mata beberapa saat sampai mata terasa dingin dan mereda sakitnya. Selain dapat mengobati mata bengkak, manfaat sayuran untuk anak juga berfungsi memberikan asupan vitamin dan mineral bagi tubuh.

  1. Kantung Teh

Kantung teh juga dapat dipakai untuk obat mata bengkak pada anak. Hal ini karena kandungan dalam teh yang penuh dengan anti oksidan. Sehingga bubuk teh dapat meredakan rasa nyeri dan bersifat sebagai anti radang untuk mengurangi pembengkakan. Selain itu untuk mempercepat kesembuhan sebaiknya jauhkan makanan yang asin sementara waktu, karena bahaya garam untuk anak dapat memperparah bengkak pada mata.

  1. Bubuk Kopi

Penggunaan bubuk kopi juga dapat meredakan mata yang bengkak. Oleskan bubuk kopi pada area mata yang bengkak selama beberapa menit. Pastikan untuk membilas bubuk kopi sebersih mungkin untuk mencegah terjadinya belekan pada anak yang berbahaya karena sisa kotoran berupa bubuk kopi tersebut.

Itulah 8 Obat Mata Bengkak Pada Anak secara alami. Dengan pengobatan alami maka mata dapat segera pulih dari bengkak dan orang tua tidak perlu merasa cemas akan efek sampingnya dibanding menggunakan obat-obatan tertentu. Namun apabila kesembuhan tidak terjadi setelah beberapa hari, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Semoga bermanfaaat ^^

Obat Mata Bengkak Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*