Mencegah Mata Minus Pada Anak

Mencegah Mata Minus Pada Anak

 

Tips Mencegah Mata Minus Pada Anak – Mata minus atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama miopia merupakan kelainan mata yang dikarenakan bayangan optik pandang jatuh tidak tepat pada fokus retina melainkan di depan retina. Sehingga biasanya penderita miopi harus mengenakan alat bantu yang berupa kacamata minus karena tanpa mengenakan kaca mata minus, jarak pandang penderita miopi hanya sedikit. Anak-anak yang menderita mata minus biasanya tidak dapat melihat benda pada jarak jauh dengan jelas.

Mencegah Mata Minus Pada Anak

Mencegah Mata Minus Pada Anak

Anak yang menderita mata minus akan mengeluhkan pandangan yang semakin kabur bila melihat obyek yang jauh atau dalam jarak tertentu. Jika dia tidak mau mengeluhkan apa yang dirasakannya tersebut, perhatikan cara anak melihat benda jauh. Caranya adalah dengan memintanya melihat benda dalam jarak pandang tertentu dan perhatikan matanya ketika melihat benda yang ditunjuk. Apabila dia memincingkan matanya ketika kita meminta melihat benda dengan jarak tertentu, maka itu merupakan salah satu gejala mata minus pada anak anda. Lalu, bagaimana cara mencegah mata minus pada anak ?

Mencegah Mata Minus Pada Anak dari Kebiasaan dan Lingkungan

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dan dibiasakan untuk mencegah mata minus pada anak. Berikut ini beberapa langkah yang paling praktis dan bisa dilakukan oleh semua orang :

  • Hindari kebiasaan membaca atau melihat televisi dari jarak dekat yang bisa menyebabkan kerusakan lengkungan kornea dan menyebabkan mata minus.
  • Hindari kebiasaan menulis dengan jarak yang dekat yang bisa merusak jarak kemampuan pandangan normal mata.
  • Berikan waktu istirahat untuk mata dengan tidak melihat semua benda dengan layar tajam seperti komputer, laptop, televisi dan gadget. Anda bisa keluar rumah dan melihat berbagai objek dengan jarak yang lebih jauh untuk melatih otot mata tetap normal.
  • Biasakan untuk membaca atau melakukan pekerjaan lain dengan jumlah cahaya yang cukup sehingga mata menjadi lebih nyaman.
  • Cara mencegah mata minus dengan membiasakan saat membaca atau melakukan semua pekerjaan yang dibantu dengan komputer pada jarak dan sikap tubuh yang tegak.
  • Jika Anda memiliki anak-anak maka biarkan anak-anak lebih banyak bermain diluar dan tidak terlalu sering melihat semua benda dengan layar seperti televisi dan komputer.
  • Latihan mata untuk membiasakan melihat berbagai objek dengan jarak yang jauh juga bisa mencegah mata minus. latihan bisa dilakukan saat Anda sedang mengendarai kendaraan dan harus fokus melihat semua objek secara teratur.
  • Jika Anda berada di luar dan mengemudi pada siang hari maka biasakan untuk menggunakan kacamata pelindung cahaya matahari.

Mencegah Mata Minus Pada Anak dengan Makanan

Berikut ini adalah berbagai nutrisi yang sangat penting untuk mencegah mata minus, baik untuk anak-anak maupun dewasa dan orang tua.

  1. Ikan

Berbagai jenis ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi sangat baik untuk cara menjaga kesehatan mata. Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, makareal dan sarden. Bahkan konsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi juga bisa mencegah mata dari katarak.

  1. Sayuran Hijau

Berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi hijau, selada, daun kale dan sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah katarak dan pembentukan lapisan pada kornea mata. Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung bahan antioksidan seperti brokoli dan kacang polong juga sangat baik.

  1. Telur

Telur mengandung berbagai jenis nutrisi dan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata seperti lutein. Cara mencegah mata minus pada anak dengan makan makanan yang mengandung vitamin A tinggi seperti telur ini.

  1. Buah Sumber Vitamin C

Semua jenis buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi sangat baik untuk cara mencegah mata minus pada anak. Berbagai jenis buah yang sangat disarankan adalah seperti jeruk, stroberi, lemin, anggur, jeruk bali dan markisa. Buah-buahan ini bisa mencegah berbagai jenis kerusakan karena mata karena kurang nutrisi.

  1. Sumber Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan sangat baik untuk memelihara kesehatan mata karena mengandung asam lemak omega 3 dan juga makanan yang mengandung vitamin E. Berbagai jenis kacang-kacangan yang bisa membantu mencegah mata minus pada anak antara lain adalah almond, kacang pistachio, mete, dan walnut.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mata minus pada anak. Untuk menghindari resiko mata minus pada anak Anda sebaiknya lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Semoga bermanfaat…

Mencegah Mata Minus Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*