Mata Merah Tanpa Sebab, Ini Penyebabnya !

Mata Merah Tanpa Sebab, Ini Penyebabnya !

 

Mata Merah Tanpa Sebab, Ini Penyebabnya ! Mata merah adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan iritasi mata. Terjadinya mata merah disebabkan oleh pembuluh darah yang bengkak atau melebar pada sclera, yakni permukaan terluar putih pada mata. Gejala yang menyertai mata merah antara lain adalah sakit mata, gatal, mata bengkak, atau gangguan visual seperti penglihatan kabur.

Tapi pernahkah Anda tiba-tiba mengalami mata merah tanpa sebab ? Pada awalnya Anda merasa baik-baik saja, Anda bekerja seperti biasa, atau menikmati momen santai. Sampai ketika seseorang menatap Anda dengan tatapan heran, mempertanyakan kenapa mata Anda terlihat memerah. Anda sendiri tidak merasakan ada yang aneh dengan mata Anda. Anda tidak merasakan perih, gatal, atau kemasukan debu. Anda baik-baik saja, sampai Anda menatap cermin, dan melihat mata Anda merah.

Mata yang merah dapat muncul tanpa disertai dengan rasa sakit. Ini merupakan penanda dari suatu kondisi kesehatan Anda, yang memiliki rentang dari sesuatu yang biasa atau normal, hingga menjadi sesuatu yang bisa saja merupakan gejala awal suatu penyakit serius.

Makanya, sebaiknya apabila Anda mengalami mata merah, meskipun tidak sakit pun jangan dibiarkan. Mata merah cenderung mengganggu dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas, seperti contohnya berkomunikasi dengan seseorang lain. Selain itu, mata merah juga akan terasa sangat mengganggu bagi penderitanya, terlebih apabila mempunyai sejumlah gejala lain semacam terasa sakit, perih, gatal, berair, dan belekan, atau bahkan terlihat bengkak sehingga mengakibatkan penglihatan menjadi terasa kabur atau samar.

Mata Merah Tanpa Sebab

Mata Merah Tanpa Sebab

Gejala mata merah juga dapat pula disertai dengan demam, membesarnya kelenjar getah bening, nyeri di kepala berat, dan terganggunya penglihatan. Apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan maka sebaiknya segeralah berobat ke dokter spesialis mata.

Kenapa mata merah tanpa sebab ?

Berikut beberapa faktor mata merah tanpa sebab  yang tidak Anda sadari, antara lain :

  • Jarang berkedip

Saat sedang bekerja di depan komputer, terkadang kamu jarang untuk berkedip. Kebiasaan inilah yang kemudian membuat mata jadi kering dan memerah.

  • Alergi

Alergi musiman yang terjadi bisa membuat mata jadi merah seperti alergi serbuk bunga.

  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Jika kamu sedang mengonsumsi obat tertentu seperti obat anti kecemasan atau antibiotik, maka obat ini akan membuat mata berwarna merah.

  • Konsumsi alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol bisa membuat mata jadi merah karena alkohol akan melebarkan pembuluh darah dan membuatnya jadi besar.

  • Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa membuat mata jadi kering dan kemudian menimbulkan peradangan di pembuluh darah sehingga mata berwarna merah.

  • Berenang

Kebiasaan berenang yang kamu lakukan secara tak sengaja bisa membuat mata jadi merah lho. Apalagi jika air dalam kolam renang mengandung bahan kimia seperti klorin yang menyebabkan iritasi di mata dan membuatnya memerah.

  • Stres

Stres dan sikap mudah cepat akan membuat mata jadi merah. Sebab stres akan meningkatkan aliran darah ke otak dan ketika hal ini terjadi maka saraf optik mata menegang.

  • Menangis

Menangis membuat kelenjar di sekitar mata memproduksi air mata lebih banyak. Konsentrasi produksi air mata ini membuat pembuluh darah kita difokuskan ke mata dan sekitarnya. Karena itu, pembuluh darah di mata kita jadi membesar, yang mengakibatkan mata kita jadi terlihat memerah.

  • Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual seperti gonore dan chlamydia ini memiliki sejumlah tanda, dan salah satu tandanya adalah mata yang memerah.

  • Bakteri

Ada juga sejenis bakteri yang menyebabkan infeksi di telinga dan lambung, juga berpotensi menyebabkan mata memerah atau konjungtivitis

Cara Mengatasi Mata Merah Tanpa Sebab

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata merah tanpa sebab, antara lain :

  • Jangan menyentuh mata sembarangan, karena bagian tubuh Anda juga menjadi tempat menempelnya bakteri. Apabila mata Anda terkena bakteri baru, bisa jadi bakteri itu masuk ke mata dan mengakibatkan iritasi mata Anda akan semakin parah.
  • Hindari menggunakan lensa kontak atau softlens terlalu lama. Bagaimana pun, lensa kontak adalah benda asing bagi mata: menggunakannya secara berlebihan atau bahkan sampai tertidur sambil menggunakan soft lens akan sangat berbahaya bagi kesehatan mata untuk jangka panjang. Sebaiknya lepaslah lensa kontak segera setelah tiba di rumah.
  • Anda juga bisa menggunakan kain lembut seperti misalnya tisu yang sudah dibasahi dengan air terlebih dulu, tempelkan tisu tersebut pada mata anda yang merah. Ini adalah salah satu pertolongan pertama yang membuat mata menjadi lembab, sehingga merah di mata jadi sedikit berkurang.
  • Ada baiknya apabila bekerja di depan monitor, Istirahatkan dulu mata anda sejenak dengan cara memandang ke arah yang jauh selama sekitar 2-3 menit. Lihatlah ke warna-warna ringan dan hijau, seperti daun-daun di pohon. Anda juga diperbolehkan untuk meneteskan air mata buatan, untuk mencegah mata kering jadi tidak mudah iritasi.
  • Penggunaan obat sakit mata di apotik seperti tetes mata juga merupakan salah satu dari bentuk pengobatan untuk mengurangi mata merah. Apabila sudah diobati, biasanya kondisi mata merah jadi berangsur-angsur membaik dalam waktu yang relatif singkat. Pengobatan mata merah juga disesuaikan dengan penyebabnya. Makanya, jika disebabkan oleh infeksi bakteri maka akan diberikan antibiotik tetes atau oral sesuai dengan resep dari dokter.
  • Apabila merah mata disebabkan oleh alergi, maka sebaiknya hindarilah faktor pencetusnya. Selain itu juga dan dokter mungkin juga akan memberikan obat pereda alergi semacam antihistamin yang berfungsi untuk mengurangi gatal dan radang. Untuk mata yang merah disertai dengan keluhan mata kering, maka air tetes mata buatan (artificial tears) adalah pilihan yang tepat.
  • Penderita mata merah karena virus dan infektif merupakan penyakit mata yang menular ke orang lain. Penyebarannya pun juga bisa terjadi dengan melalui kontak langsung dan maupun secara tidak langsung dari sekresi mata yang infeksi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencuci tangan sampai bersih setelah bersentuhan dengan penderita, serta usahakan untuk tidak berbagi handuk atau bantal dengan mereka.

Itulah beberapa penyebab mata merah tanpa sebab dan cara mengatasinya. Jagalah selalu kesehatan dan kebersihan mata Anda agar terhindar dari berbagai penyakit mata. Semoga bermanfaat ^^

Mata Merah Tanpa Sebab, Ini Penyebabnya !

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*