Mata Merah Pada Anak

Mata Merah Pada Anak

 

Mata merah pada anak bisa saja terjadi. Mata merah atau konjungivitis merupakan peradangan pada lapisan transparan yang melindungi bagian putih pada mata. Peradangan tersebut membuat pembuluh darah menjadi terlihat, sehingga memperlihatkan kondisi mata merah tersebut.

Mata Merah Pada Anak

Mata Merah Pada Anak

Penyebab mata merah pada anak, secara umum di sebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Virus
  • Bakteri
  • Alergi
  • Serbuk sari
  • Debu
  • Bulu hewan
  • Polusi udara

Dan masih banyak lagi penyebab mata merah pada anak selain yang telah di sebutkan di atas. Jika penyebab mata merah pada anak di sebabkan oleh bakteri atau virus maka sakit mata tersebut akan mudah menular.

Sebenarnya, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan penyakit ini. Seperti halnya penyakit yang disebabkan oleh virus, penyakit ini juga self-limiting disease atau sembuh dengan sendirinya tanpa obat-obatan).

Tentu saja, hal ini dipengaruhi oleh sistem imun dan kekebalan dari penderitanya sendiri. Pada orang dewasa, normalnya penyakit ini terjadi selama sekitar 7 – 10 hari. Nah, pada anak-anak di bawah 5  tahun, mata merah bisa hampir mencapai 3 minggu.

Mata Merah Pada Anak Bisa Di Obati Dengan Bahan Alami

Di luar dari penanganan medis, sakit mata terutama sakit mata merah pada anak bahkan bayi atau balitapun bisa di atasi dengan menggunakan bahan alami. Berikut adalah bahan alami yang dapat di gunakan sebagai cara mengatasi sakit mata pada anak.

  1. Bawang putih

salah satu bahan alami yang dapat mengobati sakit mata adalah bawang putih. caranya yaitu dengan membersihkan muka dan mata dengan handuk beresih, setelah itu ambilah satu sihung bawang putih yang sudah di bersihkan dan potonglah ujungnya sedikit. lalu gosokan ujung bawang putih tersebut sejajar dengan bulu mata pada kelopak mata bawah, tunggu beberapa saat hingga muncul rasa perih atau gatal. Setelah itu cuci permukaan mata dengan air beresih. Ulangi langkah tersebut selagi belum sembuh terutama ketika menjelang tidur.

  1. Daun sirih

daun sirih juga dapat dijadikan solusi untuk sakit mata terlebih pada anak. Cararanya cukup dengan merebusnya yang di campur dengan garam sedikit, setelah dingin sringlah air rebusan tersebut untuk membersihkan mata 3 kali sehari.

  1. Daun melati

Bahan alami yang dapat mengobati sakit mata pada anak selanjutnya adalah daun melati. Caranya dengan menumbuk satu genggam daun melati yang sudah di cuci beresih, lalu tumbukan tersebut tempelkan pada dahi. Jika sudah mengering gantilah dengan yang baru dan ulangi cara tersebut hingga sakit mata pada anak sembuh.

  1. Susu murni

Asi merupakan salah satu susu murni yang dapat menjadi salah satu obat alami untuk sakit mata merah yang di sertai rasa gatal pada bayi. Namun bagi anak-anak ataupun dewasa cukup ambil sedikit susu murni dengan kapas dan menempelkannya di atas mata. Hal tersebut mampu menyembuhkan sakit mata anda jika di lakukan rutin setiap hari.

Meski bahan-bahan alami tersebut aman di gunakan untuk mengobati mata merah pada anak, namun harus tetap hati-hati dan perlu ada pengawasan setelah menggunakannya ada jika terjadi reaksi alergi setelah penggunaan bahan alami tersebut maka segeralah konsultasikan dengan dokter.

Mata Merah Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*