Kelopak Mata Bengkak

Kelopak Mata Bengkak

 

Kelopak Mata Bengkak – elopak mata bengkak adalah suatu kondisi yang tidak hanya mempengaruhi penglihatan tetapi juga membuat saat mencuci muka jadi merepotkan. Pada artikel ini, kami telah mengidentifikasi kemungkinan penyebab dan memberikan informasi tentang pilihan pengobatan yang cocok untuk masing-masing kondisi.

Kelopak mata bengkak dapat digambarkan sebagai adanya bengkak di kelopak mata atas dan bawah. Kondisi ini bisa disertai nyeri atau benar-benar tanpa rasa sakit. Berbagai bentuk infeksi adalah pemicu yang paling umum dari pembengkakan. Biasanya, pembengkakan terjadi di kedua kelopak mata, tapi kadang-kadang, hanya satu yang membengkak. Pembengkakan sering disertai dengan kemerahan mata, keluarnya cairan dari sudut mata, sensasi gatal, benjolan bersisik pada kelopak mata, nyeri, dll.

Kita sering mendapatkan infeksi seperti ini, dan kita cenderung menyentuh atau menggosok mata dengan tangan kotor. Jika kelopak mata tidak memiliki rasa sakit apapun, itu dapat disebabkan oleh reaksi alergi yang telah memblokir kelenjar minyak yang ada di kelopak mata. Suatu kondisi kelopak mata bengkak yang menyakitkan adalah gejala dari beberapa masalah mata seperti konjungtivitis, blepharitis, selulitis orbital, dan Chalazion. Kelopak mata bengkak dapat dikurangi dengan atau tanpa obat-obatan. Di sini, kita telah membahas pilihan pengobatan untuk kondisi yang mendasarinya yang berbeda :

  • Alergi

Penyebab paling umum membengkaknya kelopak mata adalah alergi. Selain paling umum, penyebab ini juga paling sederhana dari sisi pengobatan.

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis biasa juga disebut mata merah. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi dan umum terjadi saat musim flu atau pilek. Penyebab infeksi ini bisa berupa virus, bakteri, alergen (misal, debu), atau iritasi lainnya.Kelopak Mata Bengkak

  • Blepharitis

Sebagian besar ini terjadi karena serangan bakteri pada kelenjar minyak hadir di dekat bulu mata. Penyebab lain blepharitis adalah reaksi alergi terhadap kosmetik. Hal ini terjadi karena kulit Anda alergi terhadap bahan tertentu dari riasan mata atau Anda telah tidur semalam tanpa menghapus makeup. Gejala lain yang dapat diidentifikasi adalah iritasi dan pembentukan sisik pada kelopak mata. Ini tidak menimbulkan bahaya bagi mata, tapi peradangan berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan dan juga cenderung kambuh berulang kali.

Biasanya, tidak memerlukan perawatan obat. Kompres air hangat dengan kain lembab akan membuat kelopak mata bersih dan mengurangi peradangannya. Jika pembengkakan memburuk seiring waktu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter yang mungkin meresepkan salep antibiotik untuk aplikasi topikal.

  • Bintitan (Hordeolum/Chalazion)

Penyebab lain pembengkakan bisa berupa bintitan, yakni infeksi pada folikel bulu mata atau kelenjar air mata. Kondisi ini berbentuk benjolan merah lembut yang biasanya muncul di tepi kelopak mata.

Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh tertutupnya kelenjar minyak di area tersebut. Untuk tahu lebih lanjut mengenai bintitan, kamu bisa baca artikel mengenai penyakit bintitan.

  • Selulitis orbital

Selulitis orbital merupakan peradangan yang menyebar dari sinusitis. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Peradangan ini menyebabkan kelopak mata dan kulit sekitar mata mengalami kemerahan dan pembengkakan.

  • Trauma

Terkena pukulan bisa juga menyebabkan kelopak mata mengalami pembengkakan dan perubahan warna. Jika terkena pukulan atau benturan, darah kemungkinan akan berkumpul di bawah area yang mengalami trauma.

  • Penyakit Graves

Penyakit Graves atau biasa juga sidebut sebagai penyakit mata tiroid bisa juga menyebabkan kondisi ini. Penyakit ini merupakan kondisi autoimun yang menyebabkan peradangan pada mata. Umumnya, kondisi ini dikaitkan dengan masalah yang ada pada tiroid.

  • Kanker mata

Meski jarang, kanker mata juga bisa menyebabkan pembengkakan di dalam atau di sekitar mata. Jika penyebab pembengkakan adalah kanker, hal ini umumnya diikuti dengan kabur atau bahkan kehilangan penglihatan.

Penyebab Lain

Kelopak mata meradang setelah operasi katarak adalah masalah serius karena dapat menjadi tanda dari beberapa komplikasi pasca operasi. Dan harus ditangani oleh dokter sesegera mungkin. Seseorang bisa mengalami kelopak mata bengkak setelah memakai lensa kontak yang tidak dibersihkan dengan benar. Anda juga dapat mengamati pembengkakan kecil di kelopak mata setelah menangis atau berenang atau karena gigitan serangga.

Komplikasi pasca operasi harus ditangani oleh dokter sesegera mungkin. Mereka yang menggunakan lensa kontak harus selalu menjaga lensa selalu  bersih. Dalam semua kasus lain, pengobatan umum adalah dengan kompres hangat atau dingin.

Seperti yang Anda lihat, sebagian besar penyebab kelopak mata bengkak tidaklah sangat serius dan dapat diobati di rumah saja. Jika Anda rentan terhadap masalah kelopak mata ini, maka perawatan mata yang tepat adalah suatu keharusan. Jangan pernah menyentuh mata dengan tangan kotor dan dengan demikian Anda dapat mencegah infeksi sampai batas tertentu. Anda juga harus mengambil beberapa tindakan pencegahan jika Anda menerapkan riasan mata. Seperti, merias wajah hanya pada sisi luar, tidak berbagi kosmetik dengan orang lain dan yang paling penting, menghapus riasan sebelum Anda beristirahat.

Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak

Jangan panik ketika melihat kaca dan tahu kalau kelopak mata bengkak. Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai penanganan pertama kali, yaitu:

  • Kompres bagian mata dengan handuk yang telah direndam air dingin.
  • Lepas lensa kontak jika Anda menggunakannya
  • Istirahatkan mata Anda
  • Gunakan kantung teh bekas untuk mengompres bagian mata yang bengkak. Kafein memiliki kemampuan untuk mengurangi bengkak.
  • Ketika tidur, tinggikan kepala Anda agar tidak ada air yang menumpuk di sekitar mata.

Jika kelopak mata bengkak dibarengi dengan gejala sakit, maka bisa jadi penyebabnya adalah infeksi. Pengobatan kelopak mata bengkak akibat infeksi akan dilakukan tergantung dengan jenis infeksi yang dialami. Karena itu, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter. Selain itu, usahakan untuk menjauhi hal-hal yang dapat membuat area mata Anda iritasi, seperti makeup dan sering-sering untuk mencuci muka dengan sabun khusus pencuci muka.

Kelopak Mata Bengkak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*