Ciri-Ciri Mata Silinder

Ciri-Ciri Mata Silinder

 

Ciri-Ciri Mata Silinder – Mata silinder atau dalam istilah medis sering disebut dengan astigmatisma adalah masalah pada mata karena bentuk mata Anda tidak benar-benar bulat. Bola mata yang normal berbentuk seperti bola yang bulat sempurna. Sehingga, saat cahaya datang ke mata, cahaya tersebut akan tersebar merata dan memberikan Anda penglihatan yang jelas.

Namun, pada mata yang tidak bulat sempurna, cahaya tidak tersebar merata di seluruh bagian mata. Sehingga, penglihatan Anda bisa menjadi agak buram dan tidak fokus. Ini mengapa orang yang punya mata silinder biasanya akan mengalami masalah penglihatan buram.

Ciri-Ciri Mata Silinder

Ciri-Ciri Mata Silinder

Penyebab mata silinder

Astigmatisma atau mata silinder disebabkan oleh kelengkungan yang tidak teratur atau sempurna pada kornea atau lensa mata. Umumnya, kondisi ini merupakan bawaan sejak Anda lahir. Namun, astigmatisma juga dapat berkembang karena penyebab lain, seperti karena cedera mata, penyakit mata, atau setelah operasi mata.

Sebuah kondisi yang disebut dengan keratoconus juga dapat menyebabkan mata silinder, tapi ini jarang terjadi. Keratoconus merupakan gangguan yang membuat kornea semakin menipis dan berbentuk menjadi lebih kerucut, sehingga bisa menyebabkan astigmatisma.

Mungkin Anda sering mendengar bahwa kebiasaan yang buruk dapat menyebabkan astigmatisma. Seperti membaca dalam cahaya redup, duduk sangat dekat dengan televisi, bermain hp atau komputer di ruang gelap, dan sebagainya. Namun, ternyata semua ini hanyalah mitos. Kebiasaan tersebut tidak akan menyebabkan Anda memiliki astigmatisma. Tapi, jangan mencontoh kebiasaan buruk itu juga, ya.

Ciri-ciri Mata Silinder

Tiap orang dapat mengalami gejala astigmatisme yang berbeda. Di mana tingkat astigmatisme yang rendah mungkin tidak terdeteksi sama sekali. Namun, secara umum, mata silinder dapat ditandai dengan beberapa kondisi seperti berikut :

  1. Penglihatan Berbayang atau Buram

Entah jarang atau sedikit, penglihatan yang kabur dan Anda juga mengeluh bahwa bagian kepala kerap sakit atau terjadi asthenopia yang dialami sehabis mengenakan lensa yang hampir dekat dengan koreksi tinggi astigmatis, maka Anda jangan ragu untuk memeriksakan mata. Keluhan seperti ini biasanya timbul karena akomodasi di mana akomodasi tak punya kemampuan untuk memberikan power cylinder, jadi astigmatism tinggi pun tak tertolong untuk mengoreksi keburaman penglihatan. Ketidaknyamanan akan muncul ketika adanya sisa astigmatism karena astigmatism tak dapat dinetralisir seluruhnya.

  1. Sudut Penglihatan Menyempit

Jika Anda pernah tahu tentang penderita myopia, maka ini menjadi salah satu gejalanya di mana sudut pandang mata akan meneympit. Otomatis penderita akan memiliki kebiasaan menyipitkan mata tak hanya ketika melihat jauh, tapi juga saat melihat dekat.

  1. Memutar Kepala untuk Penglihatan Lebih Jelas

Gejala maupun ciri yang terlihat selanjutnya adalah penderita akan kerap memutar-mutar kepalanya dengan tujuan supaya bisa melihat lebih jelas. Ini bisa menjadi tanda bahwa astigmatism tinggi diderita oleh orang tersebut.

  1. Memiringkan Kepala

Penderita astigmatism tinggi akan sering memiringkan kepala. Hanya saja, ini akan terjadi pada orang yang menderita astigmatism oblik yang tinggi.

  1. Membaca Lebih Dekat

Seperti pada kondisi orang yang mengalami mata minus atau myopia, gejala mata silinder atau astigmatism tinggi adalah membaca terlalu dekat. Anda akan kesulitan melihat tulisan yang agak jauh dari mata sehingga bacaan harus dipegang lebih mendekat ke mata agar jelas.

  1. Mata Cepat Lelah

Anda berkemungkinan positif mengidap mata silinder atau astigmatism, terutama astigmatism rendah, ketika Anda melakukan pekerjaan membutuhkan ketelitian tinggi. Pekerjaan dengan jarak fiksasi akan membuat mata akan terasa capek dengan cepat meski setelah pekerjaan selesai, mata akan terasa enteng.

  1. Penglihatan Buram saat Melihat Dekat

Kesannya seperti gejala dari mata plus karena penglihatan mengabur saat melihat jarak dekat. Hal ini biasanya akan dikurangi dengan cara mengucek mata atau dengan menutup mata seperti kasus hypermetropia. Gejala seperti ini pun akan muncul bagi ayng mengalami hypermetropia pada level rendah. Pada umumnya, penderita astigmatism yang rendah tak akan mengekspresikan segala gejala maupun keluhan apabila tidak menggunakan mata untuk bekerja secara ekstrim yang menyebabkan keletihan yang tinggi.

  1. Sakit Kepala

Jika terjadi pengaburan pada penglihatan, otomatis sakit kepala akan menjadi efeknya yang sudah sangat jelas. Hanya saja, sakit kepala yang dirasakan penderita adalah khusus di bagian depan atau frontal.

  1. Sulit Fokus

Karena penglihatan berbayang, maka kepala akan terasa sakit dan akhirnya pun akan menjadi sulit untuk fokus, terutama saat mencoba fokus untuk melihat sebuah benda tertentu. Pada anak-anak, mata silinder akan membuat mereka sulit untuk memfokuskan pandangan pada garis dan kata-kata yang tercetak di bacaannya.

  1. Ketegangan Mata

Karena mata berkondisi lelah dan juga disertai dengan kepala yang sakit, mata pun akhirnya juga merasakan ketegangan.

  1. Tak Dapat Melihat Cahaya

Cahaya yang mengenai mata langsung akan terlalu mengganggu untuk para penderita mata silinder dan salah satu contoh situasinya adalah merasa terlalu silau ketika berkendara di malam hari. Selain itu, seseorang yang menderita mata silinder akan sulit melihat cahaya dalam bentuk apapun dalam waktu yang lama. Cahaya sendiri tak baik untuk mata karena bisa mengakibatkan terkena radiasi yang bisa memperburuk kesehatan mata.

Itulah 11 Ciri-Ciri Mata Silinder yang harus Anda ketahui. Jika Anda merasakan salah satu dari ciri-ciri diatas sebaiknya segera periksaan ke dokter. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata Anda pengobatan apa yang tepat Anda ambil sesuai dengan tingkat keparahan silinder Anda. Biasanya silinder dapat ditangani dengan pemakaian kacamata atau lensa kontak. Namun, jika silinder masih dalam tingkat yang ringan, mungkin Anda tidak butuh menggunakan alat bantu penglihatan tersebut.

Ciri-Ciri Mata Silinder

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*