7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

 

7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi – Mata adalah organ inti untuk semua mahluk hidup. Dari mata kita bisa melihat isi dunia dan melakukan berbagai jenis aktivitas. Namun mata juga seperti organ tubuh lain yang bisa terkena penyakit dan fungsinya mengalami penurunan. Ada berbagai jenis penyakit mata yang bisa menyerang siapa saja termasuk bayi, anak-anak, remaja hingga orang lanjut usia. Berikut ini adalah 7 jenis penyakit mata yang sering terjadi :

  1. Bisul Mata

Bisul mata tumbuh sebagai akibat dari akumulasi sel mati dan kuman yang kemudian menimbulkan bakteri penyebab bisul. Cegahlah terjadinya bisul di mata dengan menjaga kebersihan area kelopak mata Anda. secara hati-hati exfoliasi daerah kelopak mata untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari sekitar kulit mata. Hindari pemakaian kosmetik mata yang sudah kadaluarsa, penggunaan handuk yang kotor dan menggosok mata dengan tangan yang tidak bersih.

  1. Mata Kering

Debu dan paparan sinar matahari yang berlebihan saat musim kemarau dapat membuat mata Anda menjadi kering. Agar Anda terhindar dari gangguan ini, gunakanlah kacamata hitam berkualitas baik ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Konsumsi pula makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi untuk membantu Anda agar terhindar dari gangguan mata kering. Konsumsi vitamin A yang banyak terkandung pada susu, almond, sayuran hijau dapat mencegah munculnya kekeringan pada mata.

  1. Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang merusak saraf optik mata, yang mengirimkan informasi visual ke otak Anda. Berdasarkan data dari WHO, penyakit ini menjadi penyebab kedua kebutaan di dunia. Lebih dari 3 juta orang di Amerika memiliki glaukoma, namun hanya sebagian dari mereka yang menyadarinya.

Glaukoma memang tidak memiliki gejala pada mulanya. Namun, di dalam mata Anda mengalami tekanan yang meningkat dan titik-titik kebutaan berkembang di sisi pandangan Anda. Titik ini bisa tidak terdeteksi sampai saraf optik memiliki kerusakan yang serius atau pemeriksaan mata lengkap oleh dokter.

Untuk mencegah glaukoma, sebaiknya lakukan cek mata sejak usia menginjak 40 tahun. Jika memiliki riwayat penyakit mata di keluarga Anda, risiko terkena glaukoma akan lebih besar.

  1. Katarak

Katarak muncul ketika lensa alami mata Anda menjadi seperti kabur. Hampir semua pasien yang usianya semakin tua mengalami katarak. Penyakit ini dapat terjadi lebih cepat pada pasien yang merokok, sering terkena paparan sinar matahari yang signifikan atau menderita trauma.

Gejala katarak sering bertahap, mulai dari penglihatan yang kabur, silau atau ada lingkaran cahaya, sensitivitas kontras menghilang atau penglihatan ganda dalam satu mata.

Katarak hanya bisa disembuhkan melalui operasi. Operasi moderen yang berkembang saat ini hanya dilakukan dengan membuat sayatan kecil kurang dari 3 milimeter. Jika tidak operasi, mata Anda akan semakin menurun penglihatannya dari waktu ke waktu dan operasi akan lebih sulit jika katarak sudah parah. 7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

  1. Konjungtivitis

Penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan ‘pink eye’. Konjungtivitis merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Ini terjadi ketika jaringan yang jelas di atas bagian putih mata Anda mengalami radang. Ini membuat mata Anda berwarna merah muda juga gatal, atau berair. Kelopak mata juga mungkin akan menutup sedikit sehingga bisa membuat pandangan kabur. 7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

Konjungtivitis ini bisa menular. Karenanya, rutin mencuci tangan Anda dan tidak berbagi handuk atau bantal dengan orang lain. Biasanya, penyakit ini sembuh dalam waktu 10 hari. 7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

  1. Degenerasi makula

Age related macular degeneration (AMD) adalah penyebab paling umum kebutaan orang dewasa di Amerika saat ini. Penyakit ini menyerang bagian makula, daerah kecil pada retina mata yang membantu melihat secara jelas dan detail, mengalami kerusakan.

Penyakit ini tidak memiliki gejala yang langsung. Tapi, jangan abaikan gangguan penglihatan Anda. Sebaiknya, apapun perubahan penglihatan yang Anda alami, segera hubungi dokter. Tidak ada cara untuk mencegah AMD. Namun, Anda bisa memperlambat perkembangannya dengan mengontrol tekanan darah, makan makanan sehat untuk mata, menjaga tubuh dari kegemukan, hindari merokok dan rutin memeriksakan mata.

  1. Ablasi retina

Penyakit ini terjadi ketika retina, jaringan sensitif mata yang mengirimkan pesan bergambar ke otak Anda, keluar dari posisinya. Ini memang sangat jarang terjadi. Bahkan beberapa studi mengatakan hanya 1 persen dari populasi yang mengembangkan penyakit ini. 7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

Itulah 7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi. Berbagai jenis penyakit mata memang harus dihindari dan dicegah. Penyakit mata yang berhubungan dengan sistem kekebalan juga harus diantisipasi dengan mengobati penyakit itu sendiri. Jadi, mari menjaga kesehatan mata dengan langkah yang paling sehat untuk mata.

7 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*