4 Jenis Penyakit Kelopak Mata

4 Jenis Penyakit Kelopak Mata

 

4 Jenis Penyakit Kelopak Mata – Mata adalah organ penglihatan manusia, menjalankan fungsinya dengan menangkap cahaya dan meneruskannya kepada ‘layar’ retina di ujung belakang kelopak mata, dimana terkumpul juluran saraf penglihatan yang disebut saraf optik. Bagian terluar bola mata adalah lapisan selaput bernama kornea. Cahaya akan masuk ke dalam mata melewati lubang kecil yang bernama pupil. Kecil dan besarnya ukuran pupil ini diatur oleh otot-otot halus yang dapat berkontraksi dan berelaksasi yang disebut dengan iris, bagian ini jugalah yang memberikan warna pada bola mata manusia, seperti hitam, coklat, hingga biru dan hijau.

4 Jenis Penyakit Kelopak Mata

4 Jenis Penyakit Kelopak Mata

Sedangkan kelopak mata berfungsi sebagai pelumas mata dan melindungi mata dari benda asing maupun cahaya. hal ini juga memfasilitasi fungsi sekeresi minyak dan aliran air mata yang tepat. Dengan demikian sangat penting untuk mencegah dan menghindari infeksi pada kelopak mata yang umum terjadi pada semua umur.

Ada berbagai macam penyakit mata yang terjadi baik yang kita sadari maupun tidak. Seperti halnya, saat tiba-tiba mata kita terasa sakit saat berlama-lama di depan layar komputer atau ketika kita membaca buku di maham hari sambil berbaring atau sakit karena virus dan bakteri. Meskipun sakit yang kita rasakan tersebut tak selalu penyakit mata yang menular tetapi jika tidak diketahui penyebabnya akan merusak mata. Seperti contohnya infeksi, infeksi biasanya terjadi ketika bakteri menyerang kulit yang ada di sekitar mata. Hal ini dapat disebabkan oleh penyumbatan pada kelenjar sebaceous, juga dikenal sebagai kelenjar minyak yang ditemukan di tepi bulu mata. Namun tanda-tanda yang paling umum dari infeksi ini adalah peradangan dan kemerahan.

Meskipun infeksi yang terjadi kelopak mata menyebakan rasa ketidaknyamanan, sakit dan gangguan pemandangan, umumnya tidak sangat berbahaya dan tidak menyebabkan kerusakan mata dalam jangka panjang . Namun sangat penting mengetahui dan mengobati infeksi secepat mungkin, karena jika diabaikan bisa berpotensi membahayakan. Berikut 4 Jenis Penyakit Kelopak Mata yang harus Anda ketahui :

  1. Blepharitis

Blepharitis adalah jenis peradangan yang terjadi pada kelopak mata, dan biasanya disebabkan akibat adanya bakteri, virus, alergi atau ada penyumbatan pada kelenjar kelopak mata tertentu. Ini merupakan kondisi kronis atau tidak sepenuhnya bisa disembuhkan.

Gejala: Umumnya menyebabkan kemerahan pada kelopak mata yang disertai rasa gatal, bengkak, dan bersisik di dasar bulu mata. Kelenjar minyak juga bisa terpengaruh karena ketidakseimbangan hormon. Bagi orang yang menderita blepharitis biasanya mengalami rasa panas, mata kering, pandangan yang kabur, dan sensitiv cahaya, pengerasan kulit pada daerah bulu mata, berwarna kemerahan dan pterjadi embengkakan pada mata atau kelopak mata.

  1. Selulitis

Ini adalah bentuk infeksi parah yang terjadi pada kelopak mata, yang sebagian besar kasus disebabkan oleh bakteri karena ada luka pada kulit, sinus, atau gigitan serangga pada kelopak mata. Jika tidak ditangani dengan baik, infeksi ini bisa lebih parah dan bahkan menyebar ke seluruh wajah dan menyebabkan pembengkakan. Dalam kasus paling buruk, infeksi ini juga dapat mempengaruhi bolat mata.

Gejala: Gejala umumnya termasuk kemerahan, rasa nyeri, pembengkakan pada kelopak mata, kelopak mata terasa panas, pandangan kabur, mata berair, berkurangnya pandangan, keluar nanah dan seringkali demam ringan. Dalam kasus yang sangat buruk bisa menyebabkan sakit kepala, demam tinggi, gerakan bola mata yang terbatas dan bahkan kehilangan penglihatan.

  1. Bintitan

Infeksi kelopak mata lainnya yang umum adalah bintitan. Hal ini adalah benjolan didekat tepi mata yang menyebabkan rasa sakit, akibat infeksi yang terjadi pada folikel bulu mata. Bakteri yang biasanya tidak berbahaya dapat menyebabkan infeksi pada kasus kulit yang luka. Terjadinya timbilan juga bisa disebabkan karena menggosok mata dengan tangan yang membawa bakteri. Timbilan umumnya tidak menyebabkan kerusakan pada mata dan seringkali akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Jenis infeksi kelopak mata yang satu ini seringkali bisa menular, dan dalam kasus infeksi yang berat bantuan medis dibutuhkan, kadang dibutuhkan antibiotik.

Gejala: Gejala timbilan umum termasuk kelopak mata memerah dan benjolan yang seringkali menimbulkan rasa sakit. Benjolan ini umumnya terjadi ditepi kelopak mata, dan seringkali bernanah di dalamnya. Perasaan mengganjal merupakan gejala yang umum dan seringkali disertai dengan iritasi dan mata berair. Ketika nanah keluar, benjolan biasanya mengempes.

  1. Ptosis

Ptosis adalah kondisi saat kelopak mata atas Anda turun. Seiring bertambahnya usia, kelopak mata bawah sering kali mulai menurun akibat berkurangnya kekuatan otot yang mengendalikan kelopak mata. Namun, bila yang turun adalah kelopak mata atas, penglihatan Anda dapat terganggu.

Tergantung pada keparahan kondisi, menurunnya kelopak mata dapat menghalangi atau mengurangi penglihatan, tergantung seberapa banyak kondisi ini menutupi pupil. Pada umumnya, kondisi akan membaik, baik secara alami atau melalui intervensi medis.

Gejala : salah satu atau kedua kelopak mata Anda mengendur. Pada beberapa kasus, kondisi ini dapat mempengaruhi penglihatan Anda. Namun, banyak orang yang tidak merasakan mengendurnya kelopak mata atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Anda mungkin juga dapat mengalami mata yang sangat kering atau sangat berair, serta wajah Anda mungkin akan terlihat lelah.

Itulah 4 Jenis Penyakit Kelopak Mata yang harus Anda ketahui. Jagalah selalu kesehatan dan kebersihan mata Anda agar terhindar dari bakteri dan virus yang dapat menginfeksi mata Anda. Semoga bermanfaat ^^

4 Jenis Penyakit Kelopak Mata

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*